Semeru Semakin Aktif, Warga Sekitar Dilatih Bersiap-Siap

Kamis, 11 November 2010




Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur terus menggeliat. Sejak 6 Juli 2009, gunung ini berstatus Waspada. Puncak Mahameru bahkan sempat memuntahkan awan panas hingga radius 4 kilometer pada Kamis, 4 November 2010.

Kondisi akhir-akhir ini mendapat perhatian serius Pemerintah Jawa Timur. Besok, gladi tanggap bencana akan diselenggarakan di Semeru.

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, menyatakan siap memimpin gladi tersebut. "Saya akan berangkat ke Semeru untuk mengecek segala sesuatunya. Kita akan melihat semuanya sebelum dilakukan gladi," kata Soekarwo, Rabu 10 November 2010.

Pak De, panggilan akrab Soekarwo, mengaku  telah menyiapkan semua komponen tanggap bencana. "Tujuannya, untuk meminimalisasi korban jika benar-benar terjadi letusan," lanjut Soekarwo.

Dijelaskan, dalam gladi, segala rumusan dan strategi penanganan bencana akan diterapkan. Termasuk, penanganan korban dengan tepat dan cepat.

Selain itu, pemerintah daerah akan merumuskan terkait penting tidaknya evakuasi hewan ternak. "Jangan sampai ada kejadian seperti di Gunung Merapi. Warga kembali lagi ke pemukiman untuk selamatkan hewan ternaknya, itu sangat bahaya."

"Dan, saya telah memerintahkan petugas untuk mengevaluasi itu jika dilakukan pembelian ternak milik warga," urainya.


Saat pelaksanaan gladi, sejumlah elemen dari pemerintah daerah setempat diantaranya, TNI, Polri, relawan, geologi serta ahli kegunungapian dan masyarakat ikut dilibatkan.

0 komentar:

Posting Komentar

NGENET dapet DUIT !!! Gabung Yuuk... FREE !!

Memanfaatkan internet kita untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah *hahay lebay ya* tapi ini terbukti kok... saya juga sedang merintisnya. Yuk gabung disini Free ^_^

indonesia peduli

readbud - get paid to read and rate articles